Translate

Rabu, 27 Januari 2016

KATALOG BUKU-BUKU ISLAMI





BERMINAT HUBUNGI : Via WA/SMS : 081250130080 / 085723712987 / BB : 57B2866E

MELAYANI PARTAI,ECERAN SERTA DROPSIP

1 Untaian Mutiara Hikmah (T. Kitabul Hikam)              30.000

2 22 Aliran Thariqat              75.000
3 55 Kisah Bijak              35.000
4 77 Menyikap Rahasia Cabang Keimanan              30.000
A
5 Agar Rizki Yang Mencarimu              40.000
6 Ahlul Bid'ah Hasanah Jilid 1              50.000
7 Ahlul Bid'ah Hasanah Jilid 2              50.000
8 Al-Ibaratul Qoshiroh (Mufrodat)              15.000
9 Amaliyah Nahdliyah              50.000
10 Aqidah Aswaja (T. Aqidatul Awam)         20.000
11 Aswajah Lahir Batin              35.000
B
12 Bekal Menuju Akhirat (T. Risalah Mudzakarah)              35.000
13 Berkah-berkah Kebikmatan Surga Setelah Menikah       30.000
14 Bidadari Bumi              35.000
15 Bilik-bilik Cinta Muhammad              75.000
16 Bukan Fitnah Tapi Inilah Faktanya              75.000
17 Buku Induk Kisah-Kisah Al-Qur'an           125.000
18 Buku Pintar Berbahasa Arab dan Inggris              40.000
19 Buku Pintar Membina Rumah Tangga (Syekh Ali Ash-Shabuni)       60.000
C
20 Cahaya di Atas Cahaya              30.000
D
21 Dakwah Cara Nabi (T. Da'watut Tammah) Jilid 2              70.000
22 Di Pojok Santri Facebook              25.000
23 Dialog Aqidah Vs Wahabi Salafi              45.000
24 Duru'ul Wiqayah
25 Dzikir Kaum Sholihin              25.000
F
26 Fikih Jenazah An Nahdliyah              30.000
27 Firasat Muhammad              40.000
H
28 Habib Umar Menjawab              35.000
29 Halaqah Cinta              50.000
30 Hizbut Tahrir Dalam Sorotan              25.000
I
31 Ilham Keberanian Umar bin Khatab              35.000
32 Ilham Kesabaran Abu Bakar Ash-Shiddiq              35.000
J
33 Jala' Al-Khatir              70.000
34 Jejak Rekam Radikalisme Salafi Wahabi              50.000
K
35 Kado Untuk Istri              55.000
36 Kado Untuk Suami              55.000
37 Keutamaan Bulan Hijriyah              30.000
38 Khadijah
39 Kholashoh Al Madad Nabawi (Hard Cover)              20.000
40 Khulashoh Al Madad Nabawi (Soft Cover)              30.000
41 Khutbah Aktual              30.000
42 Khutbah Mutiara Petuah Agama              30.000
43 Khutbah Reformasi              30.000
44 Kisah-Kisah Santri Meengandung Hikmah - Seri 1              25.000
45 kisah-Kisah Santri Meengandung Hikmah - Seri 2              25.000
46 Kitab Niat              40.000
47 Kitab Wasiyat Untuk Ahli Waris (T. Al-Washoya)              25.000
48 Kumpulan Kisah-kisah Indah dan Lucu
49 Kunci Memahami Hukum Pernikahan              25.000
50 Kyai NU atau Wahabi yang Sesat Tanpa Sadar              30.000
51 Kyai-Kyai Kharismatik dan Fenomenal              55.000
L
52 Lahir-Khitan-Menikah-Meninggal              50.000
M
53 Madzhab Al Asy'ari              55.000
54 Meluruskan Doktrin MTA              35.000
55 Membedah Bid'ah dan Tradisi Dalam Perspektif Ahli Hadits              15.000
56 Membongkar Penyimpangan Hizbut Tahrir              30.000
57 Mengaji Lathaiful Minan              75.000
58 Mengamalkan Ajaran Syariat              55.000
59 Mengenal Lebih Dekat Al-Habib Abdullah Al-Haddad              30.000
60 Mengenal Tuntas Al-Qur'an              50.000
61 Menggapai Kebahagiaan Hakiki              50.000
62 Menolak Madzhab Wahabi              60.000
63 Menolak Wahabi              75.000
64 Menyikap Rahasia Dzikir dan Do'a dalam Ratib al-Atthas              40.000
65 Menyikap Rahasia Dzikir dan Do'a dalam Ratib al-Haddad              30.000
66 Mereka Memalsukan Kitab-kitab Karya Ulama'              50.000
67 Metode Takhrij Al-Hadits              55.000
68 Misteri Umur Manusia (T. Sabilul Iddikar)              40.000
69 Muhammadiyah itu NU              65.000
70 Muhasabah Cinta              35.000
71 Mutiara Ahlul Bait              45.000
72 Mutu Manikam Al Hikam              65.000
N
73 Nasehat dan Wasiat Jilid 1 (T. Nashoih Diniyah)              65.000
74 Nasehat dan Wasiat Jilid 2 (T. Nashoih Diniyah)              65.000
75 Nasehat Untukmu Wahai Saudaraku (T. Risalah Muawanah)       40.000
76 Nasehat-Nasehat Pilihan           140.000
P
77 Pemikiran KH. Hasyim Asy'ari              55.000
78 Penghianatan dan Kedhaliman Syi'ah              35.000
79 Perang Muhammad              80.000
80 Perjalanan Menuju Allah (T. Adab Sulukil Murid)              30.000
81 Petunjuk Lengkap Tentang Haid, Nifas dan Istihadhah              30.000
R
82 Rahasia di Balik Rahasia              50.000
83 Rahasia Kecerdasan Ali bin Abi Thalib              30.000
84 Rasulullah Guru Paling Kreatif              30.000
85 Rasulullah Sang Pendidik
86 Risalah Ahlussunnah wal Jamaah (Khalista)              55.000
87 Risalah Aswaja              60.000
88 Rujukan Induk Akhlak Rasulullah              80.000
S
89 Sabilus Sholihin              20.000
90 Sampaikah Pembacaan Yasin dan Tahlil              40.000
91 Santri Bejo              40.000
92 Sayyidina Hasan dan Husain              70.000
93 Sejarah Berdarah Sekte Salafi Wahabi              75.000
94 Sejarah Hidup Muhamamd (Al Haykal)           140.000
95 Sempurna Lagi Abadi              35.000
96 Sesama Wahabi Saling Hujat              30.000
97 Sirah Nabawiytah (Al Buthi)              95.000
98 Solusi Hukum Islam              55.000
99 Syaikhona Kholil Bangkalan              55.000
T
100 Tafsir Munir
101 Tanya Jawab Aqidah Ahlussunnah wal Jama'ah
102 Tanya Jawab Seputar Wanita dan Keluarga
103 Tanya Jawab Syi'ah              30.000
104 Terapi Al Qur'an              55.000
105 Terapi Ruhani              55.000
106 Terjemah Al Bayan Limaa Yasyghal              60.000
107 Terjemah Al Bayan Qowim              50.000
108 Terjemah Bidayah Hidayah Pegon dan Bahasa Indonesa              35.000
109 Terjemah Bulughul Maram              70.000
110 Terjemah Hadrah Basaudan              40.000
111 Terjemah Insan Kamil              50.000
112 Terjemah Kifayatul Akhyar (2 jilid)           180.000
113 Terjemah Matan Zubad Pegon dan Bahasa Indonesa              30.000
114 Terjemah Minahus Saniyah
115 Terjemah Muqaddimah Hadramiyah              30.000
116 Terjemah Nashaihul Ibad              20.000
117 Terjemah Nurul Yaqin              40.000
118 Terjemah Petuah Ushfuriyah              25.000
119 Terjemah Qurratul Uyun              30.000
120 Terjemah Risalah Al-Qusyairiyah              70.000
121 Terjemah Risalatul Jami'ah              40.000
122 Terjemah Safinatun Najah              15.000
123 Terjemah Syarh Mukhtarul Ahadits (Hijau)           105.000
124 Terjemah Syarh Mukhtarul Ahadits (Hitam)              85.000
125 Terjemah Ta'limul Muta'allim              25.000
126 Terjemah Tanbihul Ghofilin              80.000
127 Tutur Hati              35.000
U
128 Ulama' Kharismatik 55.000
129 Untaian Kalam Salafunas Shalih              45.000

Selasa, 26 Januari 2016

HAKIKAT KEBENCIAN MANUSIA




الناس اعداء ما جهلوا

Hakikatnya setiap orang memusuhi ketidaktahuannya.

Kita membenci persepsi kita tentang yang kita benci bukan objeknya.
Ketika seorang Ateis menolak Tuhan, Tuhan yang ditolaknya tidak lain adalah dari pada apa yang dikenalnya sebatas pengetahuannya(Tuhan sebatas pikiran dia), tentu Tuhan dalam persepsi dia lain dengan Tuhan dalam persepsi orang lain, selain  itu masih banyak Tuhan lain yang belum dikenalnya. Jadi sama sekali bukan Tuhan yang sebenarnya.

Pengetahuan kita tentang sesuatu tidak selalu benar, jika pun ada benarnya biasanya tercampur dengan kesalahan. Tidak ada yang memiliki pengetahuan yang lengkap sempurna kecuali Dia dan orang yang diizinkan-Nya.

Ketika seseorang mengkritisi sesuatu konsep, sebenarnya yang dia kritisi itu dirinya sendiri, yaitu pikiran dan perasaan dia tentang konsep itu.
Begitu juga ketika seseorang membela sesuatu, yang dia bela adalah persepsi dia, pikiran  dia.

Jihad yang paling besar adalah jihad melawan pikiran, perasaan dan keinginan diri. Intelektualitas seseorang diukur dari kemampuan dia mengambil jarak dengan pikirannya, perasaan dan keinginan diri sendiri. Berpikir adalah proses dialog internal. Dialog adalah proses berfikir eksternal.

Kelebihan manusia atas makhluk lainnya adalah kesadaran diri, yaitu kemampuan mengambil jarak dari diri, mengawasi diri, mengendalikan diri. Hanya manusia saja yang mampu menertawakan diri.

Persoalan terbesar yang sering kita hadapi dalam kerja 'intelektual' adalah kesombongan intelektual, merasa diri sudah tahu, lebih tahu, lebih hebat, lebih benar, lebih baik. Ini menghalangi seseorang untuk menerima kebenaran lain yang berbeda dari yang dipersepsikannya. Di kalangan sufi disebutkan bahwa pengetahuan itu adalah hijab yang menghalangi seseorang dari pengetahuan lain.

Seorang intelek adalah seorang pencari kebenaran seumur hidup, dia percaya bahwa apa yang diketahuinya tidak ada apa-apanya dibanding dengan yang tidak diketahuinya (ghaib). Pengetahuan kita hanya bagaikan setetes air yang melekat pada jarum yang dicelupkan dalam lautan ilmu ciptaan Allah.

وَمَا أُوتِيتُم مِّنَ الْعِلْمِ إِلَّا قَلِيلًا

"Tidaklah kalian diberi ilmu kecuali hanya sedikit"

Orang beriman, adalah mereka yang mencintai Kebenaran (asyaddu hubban lillah, al haq), terus menerus mencari (thalaba, uthlubul 'lm, ilal lahdi) pengetahuan tentang kebenaran, menundukkan diri (aslama) di hadapan Kebenaran. Dia beriman kepadd yang ghaib, artinya dia percaya bahwa masih sangat banyak hal yang di luar pengetahuannya.

Orang kafir, adalah mereka yang merasa cukup dengan apa yang diketahuinya dan menutup diri (cover, kafara) dari pengetahuan selainnya. Dia belajar hanya untuk mencari pembenaran. Dia berdialog untuk mencari kemenangan. Dia berlindung di balik gelar dan otoritas keilmuan yang dia sangka dia miliki. Dia bermain dengan istilah-istilah canggih yang diartikan menurut seleranya sendiri. Dia gagal membangun konsensus dan menghindari titik temu. Titik tengkar jadi obsesinya yang dengannya dia pikir dia bisa menonjolkan diri. Dia menghindari isi, substansi, esensi dan terjebak di penampakan, permukaan , fenomena.

Mari pertajam hati dan bashirah agar bisa melihat kekurangan diri. Kekurangan orang lain adalah cermin diri.


Cintailah buat orang lain apa yg anda cintai buat diri anda, hargailah pendapat oranng lain, sebagai mana pendapatmu ingin dihargai.

Senin, 25 Januari 2016

📚KATALOG BUKU-BUKU ISLAMI 📖



❤MELAYANI KITAB-KITAB SALAF LOKAL MAUPUN NON LOKAL, SERTA KITAB-KITAB KARYA ABUYA SAYYID MUHAMMAD ALAWI AL-MALIKI

➡ Hub: 👇🏻
WA 081250130080 / 085723712987 & Pin BBM : 57B2866E

NO JUDUL BUKU HARGA

1 Dzikir kaum Sholihin 25.000
2 Keutamaan bulan Hijriyah 30.000
3 Terjemah Matan Zubad 35.000
4 Pundi-pundi kebahagiaan Abadi 40.000
5 Panduan adab dan doa safar haji & umroh 40.000
6 Sempurna lagi Abadi 35.000
7 Tutur Hati 35.000
6 Puasa Romadlon 25.000
7 55 Kisah Bijak 35.000
8 Terjemah Tanbihul Ghofilin 85.000
9 Terjemah Muqoddimah Hadromiyah 35.000
10 Habib Umar Menjawab 35.000
11 Terjemah Fawaidul Mukhtaroh 140.000
12 Menyingkap tabir kegalauan 25.000
13 Ada apa dibulan Sya’ban 25.000
14 Sholawate Syekher 25.000
15 Tanya jawab seputar wanita 40.000
16 Terjemah Kifayatul Akhyar 180.000
17 Nikmat saat sekarat 40.000
18 Menggapai kebahagiaan hakiki 55.000
19 Terjemah Nurul Yaqin 35.000
20 Menolak Wahabi (KH. Faqih Maskumambang) 75.000
21 Terjemah Insan Kaamil (Sayyid Muhammad) 55.000
22 Risalah Jami’ah 45.000
23 Mendidik Anak Dengan Benar (HB. Umar) 35.000
24 Pemahaman yang Harus Diluruskan 90.000
25 Semalam Bersama Jibril (Terjemah Wahuwa Bil Ufuqil A’la) 75.000
26 Muhasabah Cinta (Syarifah Halimah Alaidrus) 30.000
27 Sehari Bersama Rosul (HB. Novel Al-Aidrus) 50.000
28 55 Kisah Bijak 35.000
29 Al-Fushul (Doa Khotmil Al-Quran dan Birrul Walidain) 35.000
30 Sabilus Sholihin (Doa-Doa Dalam Ziaroh Kaum Sholihin) 30.000
31 Terjemah Fathul Qorib (Bahasa Indonesia dan Jawa Gandul) 75.000
32 Mutiara Ahlul Bait (Biografi Sayyid Muhammad) 55.000
33 Teladan Terbaik Dalam Berdakwah 15.000
34 Suluk 75.000
45 Inilah Jalan Para Leluhurku 45.000
36 Menguak Rahasia Ilmu Para Wali (HB. Alwi Bin Ali Al-Habsyi) 45.000
37 162 Masalah Sufistik 55.000
38 Terjemah Bulughul Marom (Penerbit, Mutiara Ilmu) 70.000
39 Untaian Mutiara Hikmah 30.000
40 Kumpulan Kisah Karomah Sayyid Muhammad Alawi 35.000

CARA DAKWAH NABI SAW. & PERJALANAN MENUJU ALLOH





Info Kitab & Terjemahan

1. Da'watut Ta'ammah (Cara Dakwah Nabi)

Tek Arab ,cet Darul Minhaj : 38.000

Terjemahan_ Dakwah Cara Nabi saw : 80.000 ( 2 jilid )

2. Adabus Suluk wal Murid (Perjalanan Menuju Alloh)

Tek Arab,cet Darul Minhaj : 20.000

Terjemahan_Perjalanan Menuju Allah : 30.000.

Berminat Segera Hub : WA/SMS : 081250130080 / 085723712987 / BB : 57B2866E

KRITIKAN





Istriku...terimalah setiap kritikan yang membangun dengan jiwa yang sportif, karna kritik yang lahir dari mulut orang bijak akan melahirkan manfaat yang besar, janganlah kau sikapi setiap kritikan adalah celaan belaka yang justru akan menimbulkan permusuhan, kedengkian, kebencian. Belajarlah untuk selalu tersenyum, abaikan setiap cercaan, betapa indah wasiat yang diberikan oleh seorang penya’ir berikut ini :

Wahai hati... celaka kamu tidak mau mendengarkan orang yang menasehatimu, Ketika kau tersudutkan
Dan tidak dapat menghindari celaan.
Penyair lain melantunkan:
Ketika pikiran tidak sejalan denganmu
Berhentilah berbicara
Dengarlah beberapa buah lagu
Bacalah buku yang sudah lama
Dan, belajarlah untuk selalu tersenyum

Tidak ada yang perlu kita risaukan atau kita kawatiri dari kritikan seseorang yang bebal dan dungu, yang disertai dengan fitnah dan sumpah serapah, sebab hanya orang tertentu saja yang mendapatkan kehormatan seperti ini. Orang yang hidup pasti mendapati keritikan, sedangkan untuk seonggok bangkai tidak ada kritik sama sekali, anggaplah semua itu tidak pernah ada, tutup matamu dari melihatnya, sumbat telinganmu dari mendengarkan,
Al-Qorni pernah melantunkan syairnya:

Mengapa kau bakar air mata yang telah mengering
Yang membuat kecemasan selalu mengintai kalbu
Serahkan kepada Robb yang mahamulia
Dan setiap kali orang yang pernah bersedih mulai tidur
Terbukalah pintu-pintu itu
Istriku... apa kau kira orang yang suka mengeritik atas dasar kebencian, kedengkian atau pun fitnah, mereka itu terlepas dari kesalahan, apa kau anggap mereka itu bersih tanpa nista, akan tetapi kalau kita lihat lebih dalam lagi, maka akan kita dapati bahwa mereka adalah lebih hina dari pada bangkai,
Istriku abaikan kedengkian itu, marilah kita cobalah untuk tersenyum, biarlah mereka hanyut bersama kedengkiannya, karna selamanya mereka tidak akan puas atas keberhasilan kita, atas ni’mat yang kita dapat, sebelum ni’mat itu berpindah kepadanya.
Di dalam syair dikatakan:
Semua orang dapat aku beli hatinya
Tetapi  orang yang dengki kepadaku amat merepotkan aku
Dan sulit ku beli hatinya
Bagaimana mungkin seseorang dapat membujuk
Orang yang dengki melihat keberhasilannya
Sementara dia belum merasa puas kecuali lenyapnya keberhasilan itu
Janganlah bakar amal-amal baikmu selama ini dengan membalar umpatan orang yang mengumpatmu, hilangkan keinginan membalas dendam, hasud, iri-hati, hanya ingin balik mencerca, mengkritik dan memaki-maki.

وَاصْبِرْ عَلَى مَا يَقُولُونَ وَاهْجُرْهُمْ هَجْرًا جَمِيلا

"Dan bersabarlah terhadap apa yang mereka ucapkan dan jahuilah mereka dengan cara yang baik (QS. Al Muzzammil : 10)

Istriku apa bila kita tetap dalam kesabaran, tidak ada sedikit pun balasan terhadap kita, kecuali limpahan rahmah , kasih sayang dari Alloh dan ridhonya. Bukankah ini kesudahan yang menggairahkan hati,Istriku entramkan pikiran , penyejuk mata , penghibur jiwa, , pemantap iman menepis kecemasan, pengusir keraguan. Menyapu ketakutan. Alloh berjanji dalam Al Qur’an:

šأُولَئِكَ يُجْزَوْنَ الْغُرْفَةَ بِمَا صَبَرُوا وَيُلَقَّوْنَ فِيهَا تَحِيَّةً وَسَلامًا

 "Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya (QS. Al Furqon : 75)

تجوّز لي عن أمتي الخطأ والنسيان وما استكرهوا عليه، وما حدّثوا به أنفسهم مالم يقولوا أويعملوا

Artinya: “Dimaafkan untuk umatku atas ketidak sengajaan, kelupaan dan keterpaksaan mereka. Serta apa yang mereka simpan dalam benak mereka selama mereka tidak mengucapkannya atau melakukannya.”

AR RAHIQ AL MAKHTUM






Salah satu sarana mengenal lebih deket baginda Nabi Muhammad SAW adalah dengan mempelajari sejarahnya, dapatkan kitab sejarah Nabi karya As Syaech Shafiyyur Rahman Al Mubarakfuri, kitab yang menceritakan sejarah Nabi SAW.

Harga Kitab : 120.000

Minat hubungi via SMS/WA : 081250130080 / BB : 57B2866E

PELAJARAN DIBALIK PERISTIWA ISRA MI’RAJ





Isra’ mi’raj adalah suatu kalimat yang terdiri dari 2 kata. kata pertama isra’ yang menurut bahasa berarti perjalanan dimalam hari. Jadi, kalau nanti malam kita berencana pergi kerumah orang tua kita (misalnya), maka itu berarti kita melakukan isra’. Atau mungkin yang anak muda nih, malam minggu jam 7 malam bermaksud kerumah pacarnya, maka itu bisa juga disebut sebagai,,, ( Ngapel ). Sedangkan kata kedua yaitu Mi’raj yang berarti tangga / sarana untuk naik.(Sebagai catatan, peristiwa ini terjadi pada tahun 621 M.).

Nah, pertanyaan yang mungkin harus kita ajukan sekarang adalah, apa sih maksud dan tujuan Allah meng-isra’ mi’raj-kan Nabi, Salah satu maksud dan tujuan Allah mengisra’ mi’rajkan Nabi adalah :

1.      Sebagai hiburan atas berbagai macam ujian yang di terima Beliau dimana kita telah maklum bersama, bahwa ada beberapa kejadian tragis yang terjadi pada waktu sebelum Rasul di-Isra Mi’raj-kan, dan karena itulah tahun tersebut dikenal dengan nama ‘ Aamul Hazni (Tahun duka citanya nabi). Pertama , Wafatnya Abu Thalib pada usia 80 Tahun, bayangkan hadirin sekalian, pamannya yang selama ini selalu menjadi pelindung. paman yang selalu membela perjuangan beliau, paman yang dihati Rasul sudah seperti ayah kandung sendiri, namun tiba-tiba ia harus pergi untuk selama lamanya (hh,,hh,,). Belum lagi reda kesedihan Beliau, tidak lama kemudian disusul lagi dengan peristiwa yang lebih menyedihkan yaitu meninggalnya isteri tercinta  khadijatul kubra, Maasyaallah,,, (coba gambarkan kesetiaan khadijah). Hadirin sekalian, sejak ditinggal kedua orang pilihan tersebut perlakuan kuffar Makkah terhadap Rasul makin menjadi-jadi, Ancaman demi ancaman datang bertubi-tubi, hinaan dan cacian datang silih berganti, ada diantara mereka yang melempari Beliau dengan kotoran unta, bahkan ada pula yang mencoba untuk membunuhnya. Nah untuk menghibur keresahan hatinya lalu beliau memutuskan untuk pergi ke Thaif dengan harapan semoga saja penduduk kota Thaif mau menerima da’wahnya, namun apa yang terjadi, sekali lagi,perlakuan yang beliau terima justru sesuatu yang tidak diharapkan, sampai di Thaif bukan disambut tapi malah disambit, dicaci maki habis habisan, dilempari batu sampai darahpun bercucuran.

2.      Tujuan Allah mengisra  mi’rajkan Nabi adalah tersirat secara eksplisit/jelas pada surat Al- Isra : 1 yaitu “ Linuriyahuu min aayaatinaa “ untuk kami perlihatkan kepada Beliau sebagian tanda-tanda kebesaran kami. Pada waktu mi’raj beliau menyaksikan secara langsung beberapa perkara yang ghaib. Allah perlihatkan Nabi surga dan Neraka, Allah pertemukan beliau dengan para malaikat, dengan para Nabi dan Rasul, dlsb. Maksud dari itu semua adalah, dengan menyaksikan kebesaran Allah secara langsung maka bertambah mantaplah keyakinan Rasul akan kemahabesaran Allah SWT, dan yang paling pokok lagi bertambah kuat pulalah mental dan semangat berdakwahnya.

3.      Salah satu maksud dan tujuan Allah mengisra mi’rajkan  Nabi adalah dalam rangka seleksi keimanan ummat pada waktu itu. Dimana pada waktu Beliau menceritakan peristiwa itu kepada ummat  ada diantara mereka yang tidak mempercayainya dan serta merta keluar dari Islam. Namun tidak sedikit pula diantara para sahabat yang bertambah mantap keimanannya, seperti halnya yang dirasakan oleh Abu Bakar untuk mendapat perintah shalat. 


Wassalam,

SIRAH NABAWIYAH




Salah satu sarana mengenal lebih deket baginda Nabi Muhammad SAW adalah dengan mempelajari sejarahnya, dapatkan buku sejarah Nabi karya As Syaech Shafiyyur Rahman Al Mubarakfuri

Harga terjemah : 110.000

Tek Arab : 100.000

Minat hubungi via SMS/WA : 081250130080 / 085723712987 / BB : 57B2866E

Kamis, 21 Januari 2016

Puasa Arafah

Puasa sunnah hari ‘Arafah bagi kaum muslimin yang tidak sedang melakukan ibadah haji, apakah karena peristiwa wukuf ataukah karena kalender hari ‘Arafah.
Puasa yang dilakukan adalah karena yaumu ‘Arafah yaitu pada tanggal 9 Dzulhijjah berdasarkan kalender negara setempat yang berdasarkan rukyat.
DASAR PENGAMBILAN HUKUM
1. Fath al-Wahhab juz 1 hal.145
يسنّ صوم يوم عرفة وهو تاسع ذي الحجّة لغير الحجّ لخبر مسلم صيام يوم عرفة يكفّر السّنة الّذي قبله والّتي
Pada hari ‘Arafah disunnahkan berpuasa, yaitu tanggal 9 Dzulhijjah bagi selain orang yang sedang melaksanakan haji. Karena hadits riwayat Muslim: “Puasa pada hari ‘Arafah bisa menghapus (dosa) setahun yaitu tahun yang sebelum dan sesudahnya”.
2. Futuhat al-Wahhab bi Taudhih Fath al-Wahhab juz 2 hal.460
وقد قالوا ليس يوم الفطر اوّل شوّال مطلقا بل يوم يفطر النّاس وكذا يوم النّحر يوم يضحّي النّاس ويوم عرفة الّذي يظهر لهم انّه يوم عرفة سواء التّاسع والعاشر لخبر الفطر يوم يفطر النّاس والاضحي يوم يضحّي النّاس رواه التّرمذيّ وصحّحه وفي رواية للشّافعيّ وعرفة يوم يعرف النّاس ومن رأى الهلال وحده او مع غيره وشهد به فردّت شهادته يقف قبلهم لا معهم ويجزيه إذ العبرة في دخول وقت عرفة وخروجه
Para ulama sungguh telah berkata: “Hari raya fitri itu bukan berarti awal Syawal secara mutlak, (namun) adalah hari dimana orang-orang sudah tidak berpuasa lagi, demikian halnya hari nahr adalah hari orang-orang menyembelih kurban, dan begitu pula hari ‘Arafah adalah hari yang menurut orang-orang tampak sebagai hari ‘Arafah, meski 9 dan 10 Dzulhijjjah, mengingat hadits: Berbuka (tidak puasa lagi) yaitu hari orang-orang tidak berpuasa dan Idul Adha adalah hari orang-orang menyembelih kurban”. Hadits riwayat Tirmidzi, dan ia shahihkan. Dalam riwayat Imam Syafi’i ada hadits: “Hari ‘Arafah adalah hari yang telah dimaklumi oleh orang-orang”.
Barangsiapa melihat hilal sendirian atau bersama orang lain dan ia bersaksi dengannya, lalu kesaksiannya itu ditolak, maka ia harus wukuf sebelum orang-orang, tidak boleh wukuf bersama mereka, dan wukufnya mencukupi (sebagai rukun haji). Sebab yang menjadi pedoman perihal waktu masuk dan keluarnya hari ‘Arafah adalah keyakinannya sendiri.
3. Fath al-Mu’in hal.170
(ويسنّ) متأكّدا (صوم يوم عرفة) لغير حاجّ لأنّه يكفّر السّنة الّتي هو فيها والّتي بعدها كما في خبر مسلم وهو تاسع ذي الحجّة
Disunnahkan dengan sunnah muakkad berpuasa pada hari ‘Arafah bagi selain orang yang haji, karena puasa tersebut dapat menghapus dosa setahun yang sedang dijalaninya dan setahun sesudahnya. Seperti dalam hadits riwayat Muslim. Hari ‘Arafah adalah tanggal 9 Dzulhijjah.

Ada apa dengan Muharom

Keutamaan Bulan Muharram
Bulan Muharram adalah satu diantara empat bulan haram atau bulan yang dimuliakan Allah. Empat bulan tersebut adalah, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Sebagai mana firman Allah dalam Surah At Taubah:
إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ
“Sesungguhnya jumlah bulan di Kitabullah (Al Quran) itu ada dua belas bulan sejak Allah menciptakan langit dan bumi, empat di antaranya adalah bulan-bulan haram” (Q.S At Taubah : )
Dalam bulan ini Allah melarang hamba-Nya untuk melakukan hal-hal seperti peperangan dan bentuk persengketaan lainnya, dan hal ini berlaku sejak zaman jahiliyah. Kemudian ketika Islam datang kemuliaan bulan haram ditetapkan dan dipertahankan, sementara tradisi jahiliyah yang lain dihapuskan.
Bulan Muharram memiliki banyak keutamaan, sehingga bulan ini disebut bulan Allah (syahrullah). Beribadah pada bulan haram pahalanya dilipat gandakan dan bermaksiat di bulan ini dosanya dilipatgandakan pula. Pada bulan ini tepatnya pada tanggal 10 Muharram Allah menyelamatkan nabi Musa as dan Bani Israil dari kejaran Firaun. Mereka memuliakannya dengan berpuasa. Kemudian Rasulullah saw. menetapkan puasa pada tanggal 10 Muharram sebagai kesyukuran atas pertolongan Allah. Masyarakat Jahiliyah sebelumnya juga berpuasa.
Puasa 10 Muharram pada mulanya hukumnya wajib, kemudian berubah menjadi sunnah setelah turun kewajiban puasa Ramadhan. Rasulullah saw. bersabda:
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمَّا قَدِمَ الْمَدِينَةَ وَجَدَهُمْ يَصُومُونَ يَوْمًا يَعْنِي عَاشُورَاءَ فَقَالُوا هَذَا يَوْمٌ عَظِيمٌ وَهُوَ يَوْمٌ نَجَّى اللَّهُ فِيهِ مُوسَى وَأَغْرَقَ آلَ فِرْعَوْنَ فَصَامَ مُوسَى شُكْرًا لِلَّهِ فَقَالَ أَنَا أَوْلَى بِمُوسَى مِنْهُمْ فَصَامَهُ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ
Dari Ibnu Abbas RA, bahwa nabi saw. ketika datang ke Madinah, mendapatkan orang Yahudi berpuasa satu hari, yaitu ‘Asyuraa (10 Muharram). Mereka berkata, “ Ini adalah hari yang agung yaitu hari Allah menyelamatkan Musa dan menenggelamkan keluarga Firaun. Maka Nabi Musa as berpuasa sebagai bukti syukur kepada Allah. Rasul saw. berkata, “Saya lebih berhak mengikuti  Musa as. dari mereka.”  Maka beliau berpuasa dan memerintahkan (umatnya) untuk berpuasa” (HR Bukhari).
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ
Dari Abu Hurairah RA. berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baiknya puasa setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah Muharram. Dan sebaik-baiknya ibadah setelah ibadah wajib adalah shalat malam.” (HR Muslim)
Memang ada kesamaan dalam ibadah, khususnya berpuasa, tetapi Rasulullah saw. memerintahkan pada umatnya agar berbeda dengan apa yang dilakukan oleh kaum Yahudi, apalagi oleh orang-orang musyrik. Oleh karena itu beberapa hadits menyarankan agar puasa hari ‘Asyura diikuti oleh puasa satu hari sebelum atau sesudah puasa hari ‘Asyura.
Secara umum, puasa Muharram dapat dilakukan dengan beberapa pilihan. Pertama, berpuasa tiga hari, sehari sebelumnya dan sehari sesudahnya, yaitu puasa tanggal 9, 10 dan 11 Muharram. Kedua, berpuasa pada hari itu dan satu hari sesudah atau sebelumnya, yaitu puasa tanggal: 9 dan 10, atau 10 dan 11. Ketiga,  puasa pada tanggal 10 saja, hal ini karena ketika Rasulullah memerintahkan untuk puasa pada hari ‘Asyura para sahabat berkata: “Itu adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani, beliau bersabda: “Jika datang tahun depan insya Allah kita akan berpuasa hari kesembilan, akan tetapi beliau meninggal pada tahun tersebut.” (HR. Muslim).
Landasan puasa tanggal 11 Muharram didasarkan pada keumuman dalil keutamaan berpuasa pada bulan Muharram. Di samping itu sebagai bentuk kehati-hatian jika terjadi kesalahan dalam penghitungan awal Muharram.
Selain berpuasa, umat Islam disarankan untuk banyak bersedekah dan menyediakan lebih banyak makanan untuk keluarganya pada 10 Muharram. Tradisi ini memang tidak disebutkan dalam hadits, namun ulama seperti Baihaqi dan Ibnu Hibban menyatakan bahwa hal itu baik untuk dilakukan.
diceritakan dalam kitab Irsyadul ibad : 49 ; "Ada orang miskin (faqir) yang mendatangi orang kaya Alqodhi, si miskin berkata pada alqodhi; semoga Allah memuliakan tuan, saya seorang miskin yang mempunyai banyak keluarga, saya datang pada tuan agar tuan berkenan menolong


Demikian juga sebagian umat Islam menjadikan bulan Muharram sebagai bulan anak yatim. Menyantuni dan memelihara anak yatim adalah sesuatu yang sangat mulia dan dapat dilakukan kapan saja. Dan tidak ada landasan yang kuat mengaitkan menyayangi dan  menyantuni anak yatim hanya pada bulan Muharram.
Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam sistem kalender Islam. Oleh karena itu  salah satu momentum yang sangat penting bagi umat Islam yaitu menjadikan  pergantian tahun baru Islam sebagai sarana umat Islam untuk muhasabah terhadap langkah-langkah yang telah dilakukan dan rencana ke depan yang lebih baik lagi. Momentum perubahan dan perbaikan menuju kebangkitan Islam sesuai dengan jiwa hijrah Rasulullah saw. dan sahabatnya dari Mekah dan Madinah.
Legenda Dan Mitos Muharram
Di samping keutamaan bulan Muharram yang sumbernya sangat jelas, baik disebutkan dalam Al-Qur’an dan Sunnah, tetapi banyak juga  legenda dan mitos yang terjadi di kalangan umat Islam menyangkut hari ‘Asyura.
Beberapa hal yang masih menjadi keyakinan di kalangan umat Islam adalah legenda bahwa pada hari ‘Asyura Nabi Adam diciptakan, Nabi Nuh as di selamatkan dari banjir besar, Nabi Ibrahim dilahirkan dan Allah Swt menerima taubatnya. Pada hari ‘Asyura Kiamat akan terjadi dan siapa  yang mandi pada hari ‘Asyura diyakini tidak akan mudah terkena penyakit. Semua legenda itu sama sekali tidak ada dasarnya dalam Islam. Begitu juga dengan keyakinan bahwa disunnahkan bagi mereka untuk menyiapkan makanan khusus untuk hari ‘Asyura.
Sejumlah umat Islam mengaitkan kesucian hari ‘Asyura dengan kematian cucu Nabi Muhammad Saw, Husain saat berperang melawan tentara Suriah. Kematian Husain memang salah satu peristiwa tragis dalam sejarah Islam. Namun kesucian hari ‘Asyura tidak bisa dikaitkan dengan peristiwa ini dengan alasan yang sederhana bahwa kesucian hari ‘Asyura sudah ditegakkan sejak zaman Nabi Muhammad Saw jauh sebelum kelahiran Sayidina Husain. Sebaliknya, adalah kemuliaan bagi Husain yang kematiannya dalam pertempuran itu bersamaan dengan hari ‘Asyura.
Bid’ah Di Bulan Muharram
Selain legenda dan mitos yang dikait-kaitkan dengan Muharram, masih sangat banyak bid’ah yang jauh dari ajaran Islam. Lebih tepat lagi bahwa bid’ah tersebut merupakan  warisan ajaran Hindu dan Budha yang sudah menjadi tradisi  masyarakat Jawa yang mengaku dirinya sebagai penganut aliran kepercayaan. Mereka lebih dikenal dengan sebutan Kejawen.
Dari segi sistem penanggalan, memang penanggalan dengan sistem peredaran bulan bukan hanya dipakai oleh umat Islam, tetapi masyarakat Jawa juga menggunakan penanggalan dengan sistem itu. Dan awal bulannya dinamakan  Suro. Pada hari Jum’at malam Sabtu, 1 Muharram 1428 H bertepatan dengan 1 Suro 1940. Sebenarnya penamaan bulan Suro, diambil dari ’Asyura yang berarti 10 Muharram. Kemudian sebutan ini menjadi nama bulan pertama bagi penanggalan Jawa.
Beberapa tradisi dan keyakinan yang dilakukan sebagian masyarakat Jawa sudah sangat jelas bid’ah dan  syiriknya, seperti Suro diyakini sebagai bulan yang keramat, gawat dan penuh bala. Maka diadakanlah upacara ruwatan dengan mengirim sesajen atau tumbal ke laut. Sebagian yang lain dengan cara bersemedi mensucikan diri bertapa di tempat-tempat sakral (di puncak gunung, tepi laut, makam, gua, pohon tua, dan sebagainya) dan ada juga yang melakukan dengan cara lek-lekan ‘berjaga hingga pagi hari’ di tempat-tempat umum (tugu Yogya, Pantai Parangkusumo, dan sebagainya). Sebagian masyarakat Jawa lainnya juga melakukan cara sendiri yaitu mengelilingi benteng keraton sambil membisu.
Tradisi tidak mengadakan pernikahan, khitanan dan membangun rumah. Masyarakat  berkeyakinan apabila melangsungkan acara itu maka akan membawa sial dan malapetaka bagi diri mereka.
Melakukan ritual ibadah tertentu di malam Suro, seperti  selamatan atau syukuran, Shalat Asyuro, membaca Doa Asyuro (dengan keyakinan tidak akan mati pada tahun tersebut) dan ibadah-ibadah lainnya. Semua ibadah tersebut merupakan bid’ah (hal baru dalam agama) dan tidak pernah ada contohnya dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam maupun para sahabatnya. Hadist-hadits yang menerangkan tentang Shalat Asyuro adalah palsu sebagaimana disebutkan oleh imam Suyuthi dalam kitab al-La’ali al-Masnu’ah.
Tradisi Ngalap Berkah dilakukan dengan mengunjungi daerah keramat atau melakukan ritual-ritual, seperti mandi di grojogan (dengan harapan dapat membuat awet muda), melakukan kirab kerbau bule (kiyai slamet) di keraton Kasunan Solo, thowaf di tempat-tempat keramat, memandikan benda-benda pusaka, begadang semalam suntuk dan lain-lainnya. Ini semuanya merupakan kesalahan, sebab suatu hal boleh dipercaya mempunyai berkah dan manfaat jika dilandasi oleh dalil syar’i (Al Qur’an dan hadits) atau ada bukti bukti ilmiah yang menunjukkannya. Semoga Allah Ta’ala menghindarkan kita dari kesyirikan dan kebid’ahan yang membinasakan.
Menyikapi berbagai macam tradisi, ritual, dan amalan yang jauh dari ajaran Islam, bahkan cenderung mengarah pada bid’ah, takhayul dan syirik, maka marilah kita bertobat kepada Allah dan melaksanakan amalan-amalan sunnah di bulan Muharram seperti puasa. Rasulullah saw.  menjelaskan bahwa puasa pada hari ‘Asyura  menghapuskan dosa-dosa setahun yang telah berlalu.
عَنْ أَبِي قَتَادَةَ الْأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَن صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ
Dari Abu Qatadah RA. Rasulullah ditanya tentang puasa hari ‘asyura, beliau bersabda: “Saya berharap ia bisa menghapuskan dosa-dosa satu tahun yang telah lewat.”  (HR. Muslim).
         Wallahu ’alam bishawwab.

Selasa, 05 Januari 2016

BERFIKIR POSITIF TERHADAP ORANG LAIN

🌺BERFIKIR POSITIF TERHADAP ORANG LAIN🌸

Nasehat mulia dari hamba mulia Sultan Aulia Syeikh Abdul Qadir Al Jailani.

🔹اذالقيت احدا من الناس رايت الفضل له عليك، وتقول: عسى ان يكون عند الله خيرا مني وارفع درجة .

1. Jika engkau bertemu dengan seseorang, maka yakinilah bahawa dia lebih baik darimu. Ucapkan dalam hatimu ;“Mungkin kedudukannya di sisi Allah jauh lebih baik dan lebih tinggi dariku.”

🔹فان كان صغيرا قلت: هذا لم يعص الله وانا قد عصيت فلا شك انه خير مني.

2. Jika bertemu anak kecil, maka ucapkanlah dalam hatimu;“Anak ini belum bermaksiat kepada Allah, sedangkan diriku telah banyak bermaksiat kepadaNya. Tentu anak ini jauh lebih baik dariku.”

وان كان كبيرا قلت: هذا قد عبد الله قبلى.

3. Jika bertemu orang tua, maka ucapkanlah dalam hatimu;“Dia telah beribadah kepada Allah jauh lebih lama dariku, tentu dia lebih baik dariku.”

🔹وان كان عالما قلت: هذا اعطىي ما لم ابلغ ونال ما لم انل وعلم ما جهلت وهو يعمل بعلمه.
4. Jika bertemu dengan seorang yang berilmu, maka ucapkanlah dalam hatimu;“Orang ini memperoleh kurnia yang tidak akan kuperolehi, mencapai kedudukan yang tidak akan pernah kucapai, mengetahui apa yang tidak kuketahui dan dia mengamalkan ilmunya, tentu dia lebih baik dariku.”

🔹وان كان جاهلا قلت: هذا عصى الله بجهل وانا عصيته بعلم ولا ادري بما يختم لى او بما يختم له .

5. Jika bertemu dengan seorang yang bodoh, maka katakanlah dalam hatimu;“Orang ini bermaksiat kepada Allah kerana dia bodoh (tidak tahu), sedangkan aku bermaksiat kepadaNya padahal aku mengetahui akibatnya. Dan aku tidak tahu bagaimana akhir umurku dan umurnya kelak.

🔹وان كان كافرا قلت: لا ادري عسى ان يسلم فيختم له بخيرالعمل وعسى ان اكفر فيختم لي بسؤالعمل .

6. jika ketemu orang kafir, maka katakanlah dlm hatimu; "Aku tdk tau apa yg akan terjadi, bisa jadi dia memeluk islam dan mengakhiri hidupnya dgn perbuatan baik, sedang aku justru berbuat kafir dan mengakhiri hidupku dgn perbuat buruk."

Nashoihul-'Ibad . Darul Kutub Al Islami.

Minggu, 03 Januari 2016

IDKHOLUS-SURUR MIN AKHLAQIR-RASUL

ادخال السرور من اخلاق الرسول .

"Menyenangkan hati seseorang adalah bagian dari akhlak mulia Rasululloh"

Dikisahkan: pada suatu saat datanglah seorang miskin kepada Rosulullah SAW dengan membawa hadiah semangkuk buah anggur. Rosul pun menerima hadiah itu dan mulai memakannya. Biasanya, Rosulullah selalu memberi makanan kepada para sahabat jika ada yang memberi sedekah dan beliau sendiri tidak ikut makan. Sementara jika ada yang memberi hadiah, Rosul juga memberi kepada para sahabat dan beliau pun ikut makan. Namun kali ini berbeda, Beliau memakan buah pertama lalu tersenyum kepada orang tersebut.

Beliau mengambil buah kedua lalu tersenyum kembali. Orang yang memberi anggur itu serasa terbang bahagia karena melihat Rosulullah menyukai hadiahnya. Sementara para sahabat melihat beliau dengan penuh rasa heran. Tak biasanya Rosulullah makan sendirian. Satu per satu anggur itu diambil oleh Rosulullah dengan selalu tersenyum, hingga semangkuk anggur itu habis tak bersisa. Para sahabat semakin heran dan orang miskin itu pulang dengan hati penuh bahagia.

Lalu seorang sahabat bertanya kepada Rosulullah SAW, "Wahai Rosulullah, mengapa engkau tidak mengajak kami ikut makan bersamamu?"
Rosul pun tersenyum dan menjawab, "Kalian telah melihat bagaimana wajah bahagia orang itu dengan memberiku semangkuk anggur. Dan ketika aku memakan anggur itu, kutemukan rasanya masam. Dan aku takut jika mengajak kalian ikut makan denganku, akan ada yang menunjukkan sesuatu yang tidak enak hingga merusak kebahagiaan orang itu".

Sungguh besar kepeduliaan Rosulullah SAW dalam menjaga perasaan orang lain. Apalagi yang mampu kita ucapkan ketika melihat akhlak dan budi pekerti beliau, sungguh benar Firman Allah SWT yang berbunyi,

وَإِنَّكَ لَعَلى خُلُقٍ عَظِيمٍ

"Dan sesungguhnya engkau benar-benar, berbudi pekerti yang luhur". (QS.Al-Qalam:4)

Mudah-mudahan kita sebagai umat Beliau dapat mencontoh Akhlak-akhlak yang ada pada junjungan kita Syayyidina Rosulullah Muhammad SAW. sehingga membuat simpati umat-umat yang lain.