Translate

Minggu, 23 Desember 2012

KEEP MOVING


KEEP MOVING
(TERUSLAH BERGERAK DAN BERKARYA)


حَرِّكْ يَدَكْ اُنْزِلْ عليك الرِزْقَ
“Gerakkan tanganmu, maka akan aku turunkan rizki atasmu”

Gerakkan tanganmu, dan teruslah berkarya, janganlah pernah berhenti, bukan karena berhenti akan memutus sumber rizki anda, bukan pula karena berhenti itu akan menghambat laju kemajuan anda, namun sesungguhnya alam mengajarkan bahwa anda tak akan pernah bisa berhenti. Meski anda berdiam diri disitu, meski anda tidur-tiduran, bumi tetap mengajak anda mengelilingi matahari. Maka, bergeraklah, bekerjalah, berkaryalah. Bekerja bukan sekedar meraih sesuatu, lebih dari itu, bekerja adalah memberi kebahagiaan diri, sebagai ungkapan rasa syukur, kepuasan hati atas nikmat yang anda peroleh,  itulah yang diharapkan oleh sang pengatur jagat raya.
Coba anda tengok Air yang tak pernah bergerak, dia akan cepat berbau dan busuk, mesin yang tak pernah dinyalakan akan mudah berkarat, lihatlah seluruh alam dan isinya mereka selalu bergerak dan bergerak, ambilah pelajaran darinya, teruslah bergerak, bekerja dan berkarya sepanjang masa. Penuh kreasi, penuh inovasi, atau anda ingin segera tua tanpa meninggalkan karya sama sekali dan tak berguna.
Teruslah bergerak, walau hanya memotong kayu, menimba air, atau hanya sekedar menyapu halaman, karena dalam gerak terdapat keberkahan tersendiri, dengan bergerak maka akan tersingkap sejuta rahasia.
قال الشيخ عَلِى الدَقاق - رضى الله عنه :
حَرَكاتُ الظَواهرِ تُوجِبُ بَرَكاتِ السرائِرِ .
“Gerakan-gerakan raga menyebabkan keberkahan pada rahasia-rahasia yang tersimpan”
Ketika orang lain berbicara sejuta bahasa, tetaplah anda kerja. Cangkulah sawah anda dan taburilah benih. Ketika orang lain berdiam tak tahu harus bersikap apa, teruskan kerja anda. Sirami dan airi biji-bijian dan tunas-tunas muda. Ketika orang lain saling tuding menuding, saling hasud menghasud, bekerjalah dalam istirahat anda. Sebab dunia bukanlah tempat untuk memanjakan diri, bukan pula bersantai ria.
Betapa bijak apa yang dikatakan oleh Abuya As-Sayid Muhammad Alawy Al-Maliky Al-Hasany.
قال أبوي السيّد محمّد علوى الملـكى – رحمه الله تعالى :
لا راحةَ فى الدنيـا .
“Tiada bersantai ria didunia ini”
Ketika orang lain terlelap dalam tidur nyenyak mereka, jangan putuskan kerja anda. Bekerjalah dengan penuh do’a dan harapan. “Semoga Ikhtiar ini menjadi kebaikan bagi anda, alam lingkungan anda atau segenap semesta”. Maka, ketika orang lain tergugah dari peraduannya, ajaklah mereka untuk berkerja dan berkarya. Bila mereka tak jua berkenan, jangan kecil hati, terulah berkerja penuh semangat. Apapun yang terjadi di muka bumi ini, sang mentari tak akan berhenti sedetikpun dari berkerja, dari tugasnya; menebarkan kehangatan ke seluruh galaksi, seluruh penjuru alam. Maka tak ada alasan yang lebih baik untuk keberadaan kita di sini, selain bekerja. Mengubah energi hangat mentari menjadi kebaikan semesta, mengubah segalanya menjadi berarti. Nilailah setiap hembusan nafas yang tanpa meninggalkan karya,  sebagai kerugian yang amat. Karena hal tersebut mensia-siakan waktu, mensia-siakannya sama halnya mensia-siakan anugerah Tuhan.
قال بعض الصالحين - رضى الله عنه :
من علامة المَقْتِ إضاعةُ الوقتِ
“Di antara tanda kemurkaan Alloh adalah mensia-siakan waktu”
Bukankah Nabi kita Muhammad SAW memberi motivasi pada umatnya, supaya selalu berkarya. Memanfaatkan waktu untuk mencari bekal esok hari. Sebagai mana dikatakan didalam Hadis:
“Bekerjalah untuk duniamu seakan-akan engkau hidup selamanya. Dan Beramalah untuk akhiratmu seolah-olah engkau mati esok hari” (HR. Tirmidzi)
Maka bekerjalah dengan memberi manfaat untuk dunia dan akhirat anda, pada alam sekitar anda, ukirlah nama anda dipapan kehidupan, catatlah dalam lembar sejarah kehidupan umat manusia “Orang paling kreatif” .
He he he.....

Tidak ada komentar: